Ratusan Caleg Tes Kejiwaan

Ratusan Caleg Tes Kejiwaan

\"callegCURUP TIMUR, BE - Ratusan bakal calon anggota legislatif (Caleg), yang akan menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2014 mendatang, mengikuti tes kejiwaan.   Pelaksanaannya di gedung Balai Latihan Kesehatan Masyarakat (BLKM) Jalan Susilawati Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Curup Timur.

Para politisi yang akan berkompetisi merebut simpati masyarakat tersebut mengikuti tes kejiwaan secara tertulis dan wawancara langsung dengan psikiater. \"Setidaknya ada 567 soal yang diberikan kepada kami, salah satu pertanyaan yang diberikan soal mainan sejak kecil,\" ungkap Tugiman ST, kader Partai Demokrat yang juga anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong saat ditemui wartawan, Selasa (16/4).

Selain test tertulis, setiap calon juga diwajibkan mengikuti tes wawancara selama 10 menit, oleh psikiater yang didatangkan dari Jakarta, oleh pihak Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Bengkulu.

\"Kami tidak tahu dari mana dokternya, kabarnya dari Jakarta. Setiap calon harus mengikuti tes wawancara satu persatu secara bergantian selama 10 menit,\" ungkap Indra Safri, kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga akan ikut menjadi peserta Pemilu.

Beberapa calon lainnya yang telah mengikuti tes wawancara mengaku mendapatkan pertanyaan seputar aktivitas sehari-hari.  \"Saya ditanya pernah minum alkohol atau tidak, pernah menggunakan Narkoba hingga ditanya soal bagaimana saya kalau marah,\" ungkap salah satu Caleg yang baru saja keluar dari ruang tes wawancara kepada wartawan.

Tes kejiwaan merupakan syarat yang harus diikuti setiap Caleg sebelum ditetapkan masuk dalam daftar calon tetap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Setidaknya, setiap partai politik mengutus 30 orang Caleg peserta Pemilu untuk mengikuti tes kejiwaan tersebut.

\"Bayangkan saja, setiap partai ada 30 orang calon, dikalikan 12 partai politik peserta Pemilu, ada berapa orang yang mengikuti tes hari ini. Katanya dimulai jam 08.00 WIB, tetapi baru berlangsung jam 12.00 WIB sehingga banyak yang menanti giliran,\" ungkap Yudi Wahyudi, mantan Ketua DPRD RL periode 2004-2009, yang kini berencana mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Partai Gerindra.

Pantauan Bengkulu Ekspress, cukup banyak wajah lama yang akan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD RL, mengikuti test kejiwaan, diantaranya Ketua DPRD RL Drs. Darussamin, Wakil Ketua DPRD RL Suardhi DS, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten RL Tarmizi Usuluddin, Kabag Hukum Setdakab RL yang akan menjelang pensiun Maulana, SH serta sejumlah anggota DPRD Kabupaten RL lainnya.  Juga tampak mantan pimpinan DPRD RL priode 2004-2009, serta beberapa kepala desa. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: